Kali ini saya akan memberikan tips atau tutorial bagaimana pengunjung betah di website atau blog kita.

Langsung saja tanpa banyak babibu lagi.

1. Yang pertama kita harus tau minat dari pembaca kita. Kalau tidak ada peminat ya percuma kita nulis panjang lebar.

2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Kita harus tau pembaca kita adalah manusia bukan robot, jadi gunakan bahasa yang mudah dipahami.

3. Jangan terlalu memikirkan SEO. Banyak artikel yang membahas tentang SEO dan pada kenyataannya jangan terlalu berfokus pada hal ini. Menurut saya ada benarnya, karena kebebasan kita menulis jadi dibatasi.

4. Usahakan menulis langsung kepada topiknya. Jangan kita berputar putar karena mengejar jumlah kata yang banyak. Justru itu yang akan membuat pembaca akan bosan. Jadi tulislah jangan terlalu panjang dan terlalu singkat, sesuaikan dengan topik yang sedang dibahas.

5. Menurut beberapa sumber, cara membaca artikel di website cukup unik yaitu seperti pola huruf “F”. Pada paragraf awal pembaca akan membaca secara lengkap dan paragraf selanjutnya hanya akan membaca sebagian dan akhirnya tidak membaca bagian akhir. Padahal biasanya bagian tengah hingga akgir merupakan pembahasan utama. Hal ini berkaitan dengan poin poin sebelumnya. Kita harus bisa menjaga pola baca pengunjung web kita tetap konstan.

6. Terapkan related post atau artikel terkait. Sehingga pembaca akan mendapatkan alternatif lain untuk bahan bacaannya.

Oke mungkin itu tadi beberapa poin yang penting agar pengunjung web kita lebih betah. Mungkin ada tambahan dari teman teman, silahkan komen.

Dan seperti biasa silahkan di share karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan.

Terimakasih


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: