lemak apa karbohidrat?

Sumber energi tubuh dapat diperoleh dari lemak dan juga karbohidrat. Tapi pada umumnya yang kita ketahui sumber energi hanya ada satu yaitu karbohidrat saja.

Bagi seseorang yang mengalami kegemukan dan ingin mengubah lemak tubuhnya diubah menjadi energi maka hal hal berikut yang perlu kita ketahui.

Setiap hari kita memakan karbohidrat, sedangkan dalam karbohidrat tersebut terdapat kandungan glukosa. Setiap glukosa yang masuk ke dalam tubuh, maka pankreas akan membuat sebuah hormon yang bernama insulin yang bertugas memerintah tubuh untuk membakar glukosa menjadi energi.

Inilah yang terjadi pada seseorang yang melakukan program diet. Yaitu mengurangi asupan karbohidrat, sehingga energi tubuh yang muncul adalah hasil dari pembakaran lemak yang ada.

Lho dalam buah dan sayur terdapat glukosa juga.

Benar, dalam sayuran dan buah juga terdapat glukosa juga, namun glukosa yang terdapat di buah dan sayur tidak bisa dicerna secepat glukosa yang terdapat dalam roti atau nasi dan juga jumlahnya lebih sedikit. Sehingga tubuh akan tetap membakar lemak terlebih dahulu.

Untuk mempercepat pembakaran lemak tentu harus dengan bergerak agar tubuh memproses pembakaran dan dijadikan energi untuk aktifitas.

Yang perlu ditekankan yaitu kita tidak menghilangkan tapi membatasi, karena semua jenis zat makanan tersebut dibutuhkan oleh tubuh.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: