Sekarang ini era digital dimana kita dapat menghasilkan uang dari internet. Mungkin kali ini saya termasuk telat bila membahas tentang bisnis online.

Tapi dari artikel yang sudah ada saya mencoba untuk merangkumnya agar temen temen bisa lebih paham.

Yah, bukan bermaksud menggurui tapi banyak yang masih bingung dan ragu untuk memulai, karena saya juga begitu sampai saat ini. Hehehehe

Oke langsung saja, saya tidak akan menyebutkan apa saja jenisnya karena sudah banyak artikel yang membahasnya. Misal jual beli, affiliate, jasa, dropship, dan lainnya.

Pada intinya adalah kita harus tau dulu minat kita atau bidang kita yang bisa menghasilkan uang dari internet.

Jika sudah ketemu baru kita cari peluangnya dengan cari referensi di grup atau komunitas yang ada.

Misalkan saya hobi fotografi, bagaimana saya dapat uang dari foto? Tentu dengan menjualnya. Dimana menjual foto? Banyak, misalnya shutterstock dan lainya.

Yang paling penting adalah kita fokus. Kebanyakan orang jenuh atau menyerah dalam bisnis online karena mereka tidak fokus.

Ketika melihat orang lain jualan produknya laris kita ikut ikutan. Tapi ternyata masih sepi, ada yang jual jasa edit foto ramai dan ikut lagi. Jangan seperti itu. Fokus pada bidang yang kita pilih.

Ibarat kita berjualan tidak mungkin langsung akan banyak pelanggan kecuali produk kita unik dan dicari banyak orang.

Banyak fotografer yang menjual fotonya, kita harus sabar sambil menunggu pelanggan kita asah dan perbanyak portofolio. Dengan begitu kredibilotas kita akan semakin bagus dimata orang lain.

Saya akui, saya sendiri masih belum fokus. Saya hobi fotografi, editing foto dan menggambar. Padahal dengan editing foto saya pernah dapat client dari amerika. Tapi saya teralihkan fokusnya dengan menggambar ala ala manga. Jadi ya terhenti, padahal kalau saya tekuni editing pasti sekarang sudah banyak orderan.

Dari pengalaman saya itu tolong dijadikan pelajaran. Banyak bidang lain yang menggiurkan tapi apa pas dengan kemampuan kita.

Banyak referensi yang dapat kita gunakan untuk berbisnis. Tapi pilihlah satu yang sesuai dan fokus pada bidang tersebut.

Mungkin itu yang saya bagikan. Semoga temen temen yang sedang mulai bisnis online bisa sukses dan lancar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: