Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan opini saya terhadap produk apple. Bukan berarti saya membenci apple tapi saya merasa kurang tertarik untuk memilikinya.

Apa saja alasannya?

Yang pertama sudah jelas, produk apple semuanya over priced / kemahalan. Yah dengan harga untuk membeli macbook kita bisa rakit pc dengan spesifikasi yang tinggi. Bahkan performa dapat menyamai atau malah lebih tinggi dari mac tersebut. Bagi saya harga yang sangat tinggi itu tidak logis apalagi cuma pas pasan duit saya.

Yang kedua, dalam perkerjaan saya sering melakukan file transfer antar device, misalkan dari smartphone ke pc. Jika saya menggunakan produk apple maka hal tersebut tidak akan terjadi karena tidak didukung file transfer antar device. Bisa tidak kerja kalau seperti itu.

Ketiga, terkait dengan alasan kedua diatas. Produk apple bisa leluasa melakukan file transfer antar produk apple saja. Dalam hal ini apple mencoba untuk mengurung kita dengan produknya saja. Menurut saya ini tidak bagus, lagi pula harga mahal semua produknya.

Keempat, service center yang tidak banyak. Kita bergelut dengan alat elektronik, pasti ada suatu saat dimana perangkat kita rusak. Entah karena kelalaian atau kecelakaan. Dengan tempat service yang terbatas maka pekerjaan kita akan terganggu dan kita yang rugi.

Terkait service center ini, baru saja ada youtuber Linus Tech memposting videonya terkait pihak apple tidak mau memperbaiki produknya.

Hal yang sangat aneh menurut saya kalau tidak mau memperbaiki, padahal disebutkan berapapun akan dibayarkan.

Jadi permasalahannya yaitu terdapat hardware dari pihak ketiga yang dipasang dan itu membuat produk tersebut tidak diakui lagi buatan dari apple. Sangat ribet dan tidak logis.

Walaupun begitu saya tetap memberikan nilai bagus untuk performa produknya. UI yang enak, jarang ada crash aplikasinya, tampilan grafis yang bagus. Tapi sayang dalam hal pelayanan dan harga tidak bagus.

Saya akui saya pun ingin merasakan menggunakan produk apple. Dalam desain grafis indonesia banyak yang menggunakan apple. Bahkan dapat mendongkrak harga jual mereka.

Untuk membeli produk aplle saya tidak akan melakukannya tapi jika mendapat hadiah baru saya akan pakai, hahaha.

Itu tadi opini dari saya, mungkin temen temen ada opini lain, silahkan berikan komentarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: