Salah satu sosial media tumblr telah diblokir oleh kominfo. Alasannya yaitu banyak konten dewasa yang terdapat pada sosial media tersebut.

Karena hal ini sedang booming maka saya akan mencoba memberikan opini.

Saya sendiri tidak punya akun tumblr jadi tidak tahu konten seperti apa yang dianggap tidak layak untuk dilihat oleh masyarakat kita. Oke langsung saja.

Pada dasarnya semua sosial media itu mengandung konten terlarang. Dan hal ini disebabkan karena pemilik akunnya yang mengunggah gambar atau video tersebut.

Misalkan sosial media dengan logo burung biru juga ada akun yang berisi konten terlarang. Sosmed dengan logo huruf “f” sebenarnya juga ada banyak grup atau page yang isinya dewasa, tapi sosmed ini filtering nya lumayan.

Seperti yang saya bilang tadi, saya tidak tau gambar seperti apa sehingga kominfo memblokir tumblr.

Sebenarnya ada dua hal yang oerlu kita ketahui, apakah itu berkaitan dengan seni atau murni mengeksploitasi kedewasaan.

Misalkan dunia fotografi, kita bisa melihat itu dengan seni kalau kita pandang dari segi teknik. Tapi bisa jadi pornografi ketika kita melihat dari segi objeknya.

Budaya kita belum bisa menerima hal itu. Mungkin itu yang menjadi alasan kenapa tumblr di blokir.

Kita harus berpikir positif juga, karena tingkat kejahatan di Indonesia yang berkaitan dengan wanita itu lebih banyak.

Yah semoga pihak tumblr lebih bisa menyaring dan tidak menutup kemungkinan seperti kasus telegram yang mau mengikuti aturan di Indonesia, yang tadinya di blokir sekarang sudah bisa kita pakai kembali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: