Mungkin bagi para pembaca yang membuka web saya ini dengan komputer akan ada peringatan dari browser bahwa web saya tidak aman untuk dikunjungi. Yah hal ini sangat merugikan bagi saya tapi sekarang saya mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi permasalahan ini.

Jujur saja saya terkena bujuk rayu (halah) salah satu teman untuk memasang iklan pada web saya ini. Sebenarnya memasang iklan tidak masalah ya kalau kita mematuhi peraturan yang diberlakukan google.

Mengapa Google? Seperti yang kita ketahui google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan bahkan tidak ada yang menandingi. Mau tidak mau browser juga mengikuti standar yang diberlakukan oleh google.

Nah kesalahan apa yang saya perbuat sehingga di blok oleh google? Saya memasang iklan dengan plugin injeksi iklan. Jadi saya sempat menginstal plugin ini dan menjalankannya, tapi ternyata dengan menginstal plugin ini web saya ini dititipi malware juga.

Saya berusaha untuk menghapus plugin tersebut tetapi masih juga di blok oleh browser yang saya gunakan. Kemudian saya mencoba mencari cara untuk melakukan pembersihan dan akhirnya ketemu juga caranya.

Caranya yaitu kita menginstal plugin yang bernama ‘Wordfence’ dan mulai scan pada website kita. Saya menoba versi yang biasa bukan premium, walaupun begitu performa dari plugin ini sudah sangat bagus. Bila temen temen ingin mencoba yang premium pasti akan lebih powerfull lagi dalam pengamanan website.

Setelah melakukan scaning terdapat beberapa file yang indikasi sebagai malware dan dapat segera langsung dihapus.

Untuk menghilangkan blacklist dari google kita perlu melaporkan bahwa kita telah berusaha menghilangkan malware tersebut. Cara melaporkan yaitu dengna kita login ke webmaster google dan setelah website kita verifikasikan keudian kita klik menu security issue disana kita berikan centang pada bagian pernyataan bahwa kita sudah melakukan pmebenahan dan akan muncul popup baru dan kita isikan tahapan kita dalam pembersihan yang kita lakukan kemudian submit dan berdoa agar permasalahan ini selesai.

Saya meminta maaf kepada para pembaca apabila kemarin web saya ini kurang nyaman untuk dikunjungi. Dan mulai saat ini saya mencoba ‘main aman’ agar temen temen dapat mendapatkan informasi yang saya bagikan dengan nyaman.


1 Comment

Akhirnya Mendapat Jawaban Dari Google - Onic Gear · May 6, 2018 at 4:19 pm

[…] Website yang tidak bisa dibuka karena ada peringatan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: